PEMERIKSAAN PSIKOLOGI PESERTA SELEKSI SIPSS TA 2019

By 7 February 2019Berita

Tahapan seleksi Penerimaan Anggota Polri melalui Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) TA 2019 hari ini, Rabu (6/2/2019) memasuki tahap Pemeriksaan Psikologi. Sejumlah 184 peserta terdiri dari pria 132 dan wanita 52 menjalani serangkaian tes psikologi. Bertempat di Gedung Manunggal Akpol Kompleks Akademi Kepolisian Semarang Jawa Tengah.

Para peserta menjalani pemeriksaan psikologi meliputi beberapa aspek, diantaranya kecerdasan umum, kemampuan verbal, kemampuan analisa, dan berpikir logis. Tak hanya itu, tes psikologi ini juga dapat mengukur sikap kerja seseorang dalam menjalani pekerjaan nantinya, karena mengandung aspek ketelitian dalam bekerja, daya tahan terhadap stress, serta kecepatan kerja.


Menurut Kepala Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jateng, AKBP Agus Yulianto, S.Psi., Psikolog, rangkaian tes ini bertujuan untuk memilih calon anggota Polri yang berkualitas secara kepribadian dan sikap kerja.


Pelaksanaan kegiatan diawasi oleh Pengawas Internal dan Pengawas Internal (LSM) dengan tetap melalui program BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis) serta Clear and Clean. Proses selanjutnya adalah scanning hasil dari lembar jawab LJK dari para peserta dan akan diumumkan hari ini juga (one day service) dan disaksikan oleh para peserta.

Gema Harja

Author Gema Harja

More posts by Gema Harja

Leave a Reply