Setelah sebelumnya melewati rangkaian pemeriksaan administrasi, tes kompetensi aspek pengetahuan dan keterampilan serta kesehatan 1, hari ini Sabtu (18/04/2020) sejumlah 32 peserta seleksi Bintara Kompetensi Khusus Perawat dan Bidan T.A. 2020 menjalani uji Kesamaptaan Jasmani bertempat di Stadion Taruna Komplek Akademi Kepolisian Candibaru Semarang.

Katim Jasmani yang diwakili oleh Kabagwatpers Biro SDM Polda Jateng AKBP Drs. Basuki dalam arahannya kepada peserta sebelum pelaksanaan tes mengatakan bahwa proses seleksi ini dilaksanakan dengan menjunjung tinggi prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis, selanjutnya para peserta agar melaksanakan rangkaian tes dengan sungguh-sungguh. “Karena pelaksanaan tes bersifat terbuka dan transparan, maka peserta seleksi bisa melihat langsung nilai yang diraihnya” imbuh Kabagwatpers.

Dalam kesempatan Tes Kesamaptaan Jasmani kali ini, para peserta akan menjalani serangkaian uji fisik meliputi lari 12 menit, pull up, sit up, push up masing-masing 1 menit dan shuttle run. Kemudian dilanjutkan dengan tes antropometri untuk mengukur postur dan kelainan bentuk tubuh.

Sesuai protokol kesehatan pemerintah, peserta dan panitia seleksi diharuskan memakai masker dan terlebih dahulu dilakukan pengukuran suhu tubuh serta penyemprotan antiseptik serta menjaga jarak minimal 1 meter. Untuk tempat tes, sebelum digunakan juga terlebih dahulu dilakukan penyemprotan disinfektan.

Untuk memastikan agar jalannya tes berjalan sesuai dengan koridor yang berlaku, dilibatkan pula unsur pengawas internal dari Itwasda dan Bidpropam maupun pengawas dari eksternal.

Gema Harja

Author Gema Harja

More posts by Gema Harja

Join the discussion No Comments

Leave a Reply